Tujuan Program Keahlian

Konsentrasi
Teknik Sepeda Motor :

  1. Membentuk peserta didik yang memiliki karakter profil pelajar pancasila.
  2. Membentuk peserta didik memiliki sikap profesional, yakni disiplin, bekerja cepat, tepat dan mengikuti prosedur atau kode etik yang berlaku.
  3. Memupuk kemampuan interaksi sosial, yaitu komunikasi efektif, jujur dan memiliki integritas, inisiatif, mampu beradaptasi, dan dapat bekerjasama dengan orang lain.
  4. Mendidik peserta didik memiliki kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri.
  5. Mengembangkan pengalaman untuk dapat merencanakan dan mengorganisasikan pekerjaan serta memecahkan masalah sesuai tangung jawabnya sebagai pelaksana/teknisi sepeda motor.
  6. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang Teknik Sepeda Motor.
  7. Melaksanakan pembelajaran berbasis project basic learning yang menghasilkan produk yang memiliki nilai jual.
  8. Menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan berjiwa wirausaha.
  9. Menghasilkan lulusan sebagai tenaga ahli madya tingkat menengah yang kompeten dengan pengetahuan dan keterampilan Teknik Sepeda Motor agar dapat bekerja baik secara mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri atau melanjutkan pendidikan.

Tabel
Ruang Lingkup Pekerjaan*

NoDunia usaha & IndustriLingkup Pekerjaan
1Industri Otomotif.● Maintenance ● Supervisor ● Konsultan ● Operator ● Layanan umum
2Usaha perbengkelan sepeda motor.● Teknisi sepeda motor ● Marketing ● Suplier ● Layanan umum

*Sumber : Keputusan Menteri Tenaga Kerja No.240/209/standar kompetensi kerja dan KKNI 2021.

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor juga dapat mengelola usaha mandiri.

Scroll to Top